Pernah nggak sih kalian heran kenapa ada orang yang tendangannya bisa keras banget pas main futsal?

Pokoknya bikin kiper ngeri pas momen-momen tendangan bebas dan penalti.

Sebenarnya, cara menendang bola futsal dengan keras itu ada rahasianya. Dan kalo kalian tahu rahasianya, maka kalian juga bisa punya tendangan keras membahana kayak rocket.

Apa rahasianya? yang pasti bukan pakek susuk. Kalo kalian mau tau mending baca artikel ini sampe selesai.

Teknik Menendang Bola Futsal dengan Keras

Untuk bisa menendang bola dengan kuat, ada 3 komponen penting yang harus kita pahami.

Yaitu, bagian kaki untuk menendang, lalu titik tendang pada bola, dan tumpuan kaki ketika menendang. Ketiga hal ini harus dikombinasikan lagi dengan dua teknik lain supaya hasilnya mantap.

1. Alirkan energi ke kaki yang akan digunakan menendang

Teknik yang pertama ini penting banget untuk menghasilkan tendangan yang kenceng. Caranya adalah dengan memfokuskan atau memusatkan energi ke kaki terkuat yang akan kalian gunakan untuk menendang.

Misalnya kaki terkuat kalian kaki kanan, sebelum menendang fokuskan energi dan tenaga untuk berada di kaki tersebut.

2. Tendang dengan kaki bagian ini

Bagian kaki mana yang bisa kalian gunakan untuk menendang? punggung kaki atau kaki bagian dalam?

Duanya bagus untuk melakukan shooting. Punggung kaki cocok untuk menghasilkan shooting yang keras. Sedangkan kaki bagian dalam biasanya lebih ke akurasi dan cocok untuk passing.

Jika kalian ingin memiliki tendangan yang kuat dan akurasinya bagus, gunakan bagian punggung kaki tapi agak sedikit mendekati kaki bagian dalam.

Jadi, bisa dibilang pertengahan, tapi lebih condong ke punggung kaki sedikit.

3. Tendang bola di titik yang tepat

cara menendang bola futsal dengan kencang

Kebanyakan orang itu nggak tau, titik yang tepat untuk menendang bola itu di bagian mana. Apa di bawah, di tengah, atau di bagian atas bola.

Karena kita lagi ngomongin masalah cara nendang bola futsal yang keras, maka titik yang paling tepat adalah di bagian tengah bola dengan sedikit ke bawah.

Jadi, nggak pas di tengah banget. Tapi, bagian tengah dengan agak turun sedikit.

Jangan sampe nendang bolanya di bagian bawah, karena kemungkinan besar bola akan melambung. Jadi, bukannya ke gawang malah ke luar angkasa.

4. Ambil ancang-ancang dengan jarak yang pas

Kenapa harus pas? Karena ini berhubungan sama momentum.

Kalo ancang-ancangnya terlalu jauh, kalian justru bakal kehilangan momentum sebelum menendang bola. Kalo terlalu deket, maka momentumnya jadi nggak dapet.

Terus ancang-ancang yang pas atau ideal itu berapa jaraknya? Nggak ada aturan pasti, cuman yang terbaik itu sekitar 4-5 langkah. Pastikan nggak lebih atau kurang dari itu.

5. Tumpuan kaki harus tepat dan benar

tumpuan kaki

Kaki tumpuan nggak kalah pentingnya dengan kaki yang nendang.

Kaki tumpuan itu yang mana? Jawabannya adalah kaki yang nggak dipakek buat nendang. Misal nendang pakek kaki kiri ya berarti tumpuannya adalah kaki kanan. Gitu juga sebaliknya.

Ada dua hal yang perlu kalian perhatiin masalah tumpuan kaki ini. Pertama, jarak kaki tumpuan dengan bola. Kedua, arah kaki tumpuan.

Pertama kita bahas jaraknya dulu. Usahakan kaki tumpuan berada 5-10 cm di sebelah bola. Jangan terlalu deket ataupun terlalu jauh.

Kedua, masalah arah ini kadang kurang diperhatiin. Akibatnya apa? Tendangan keras tapi kurang terarah, melenceng entah kemana.

Jadi, kaki tumpuan ini arahkan harus sama dengan gawang. Pastikan kaki tumpuan lurus menghadap gawang. Kalo gawangnya agak kekiri, ya posisi kaki tumpuannya juga agak ke kiri. Gitu seterusnya ikutin gawang.

Kesimpulan

Oke, itu aja cara menendang bola futsal dengan keras yang bisa saya bagiin kali ini. Kalo kalian ada cara lain yang ampuh bisa coba share di kolom komentar. Sebelum pergi, mending baca dulu nih: Ukuran lapangan futsal lengkap dengan gambar. Jadi bisa menambah wawasan kalian.

Jangan lupa kunjungi terus blog ini untuk dapet info, tips, trik, tutorial seputar olahraga.

Disclaimer: Cara di atas bakal dipengaruhi juga sama usia dan otot kaki/paha/betis yang dimiliki. Jadi, misal kalian umur 10 tahu, walaupun udah pake cara di atas tentu kekuatan tendangannya nggak bakal bisa ngalahin mereka udah dewasa.