Ukuran Lapangan Futsal Lengkap dengan Gambar

Diposting pada

Futsal merupakan salah satu olahraga yang kini tengah booming dan memiliki banyak penggemar terutama di Indonesia.

Olahraga yang satu ini sekilas mirip dengan sepak bola. Yang membedakan keduanya adalah jumlah pemain dan lapangan futsal lebih kecil daripada lapangan sepak bola. Berapa ukuran lapangan futsal?

Sebelum itu, kita bahas dulu sekilas tentang futsal.

Sekilas Tentang Futsal

Sejarah Futsal

Tak jarang orang-orang menyebut futsal ini sebagai miniatur permainan sepak bola.

Yah walaupun lapangannya tidak sebesar lapangan sepak bola, memainkan futsal membutuhkan tenaga yang ekstra.

Karena ukurannya yang kecil, membuat semua pemain wajib mempercepat pergerakan agar bisa terus menekan pergerakan lawan.

Agar kita bisa lebih mengerti mengenai futsal, pada kesempatan kali ini kami akan mencoba membahas tentang futsal, mulai dari pengertian, jenis lapangan, dan sejarah futsal itu sendiri.

Pengertian Futsal

Secara umum, futsal merupakan permainan bola besar yang dimainkan oleh dua tim yang mana masing-masing tim berisikan 5 orang pemain.

Cara memainkannya sama seperti sepak bola, yaitu dengan cara menendang, dan menggiring dengan kaki.

Tujuannya adalah memasukan bola ke gawang lawan sebanyak-banyaknya untuk bisa memenangkan sebuah pertandingan.

Sebuah pertandingan futsal dibagi menjadi dua babak, yang masing-masing babak adalah 20 menit dengan waktu jeda istirahat 10 menit.

Sejarah Olahraga Futsal

Asal usur terbentuknya olahraga futsal ini tidak lepas dari sepak bola. Maka jangan heran jika bentuk dan aturan mainnya hampir mirip.

Futsal pertama kali dicetuskal oleh Juan Carlo, seorang pelatih sepak bola profesional berkebangsaan Argentina pada tahun 1930.

Permainan futsal sendiri awal mulanya ketika Juan dan timnya melakukan sesi latihan pada musim hujan yang mana lapangan menjadi becek dan tidak kondusif.

Juan pun mengajak anak asuhnya untuk berlatih dalam ruangan agar lebih nyaman, dan ini ia lakukan dalam waktu yang cukup lama.

Karena hasil latihan yang bagus dan sangat memuaskan, Juan akhirnya menciptakan permainan sepak bola dalam raung dengan jumlah pemain yang lebih sedikit.

Ukuran Lapangan Futsal

Ukuran Lapangan Futsal

Dalam suatu pertandingan futsal, ukuran lapangan futsal harus sesuai dengan standart yang telah dibuat oleh FIFA, baik itu pertandingan tingkat nasional maupun internasional.

Lapangan Futsal Standar Nasional

Untuk lapangan standar Nasional, ukuran lapangan sekitar 25 hingga 42 meter dengan lebar antara 15 sampai 25 meter.

Sedangkan jari-jari lingkaran pada tengah lapangan sepanjang 3 meter. Tentunya ukuran lapangan ini lebih kecil daripada lapangan standar Internasional.

Hal ini karena faktor ukuran dan tinggi orang Indonesia itu sendiri yang cenderung lebih pendek daripada orang-orang Amerika maupun Eropa.

Lapangan standar nasional ini tentunya digunakan untuk pertandingan skala nasional seperti Liga Futsal Proffesional Indonesia, pertandingan lokal antar daerah, dan lainnya.

Jadi, ukuran ini sebagai acuan bagi kalian yang ingin membuat lapangan futsal di daerah masing-masing dengan berbagai bahan.

Lapangan Futsal Standar Internasional

Setelah kita mengetahui ukuran standar nasional, maka sekarang kita beralih ke ukuran lapangan standar Internasional.

Untuk lebih detailnya, kalian bisa simak berikut ini.

Panjang Lapangan

  • Minimal: 38 Meter
  • Maksimal: 42 Meter

Lebar Lapangan

  • Minimal: 20 Meter
  • Maksimal: 25 Meter

Jenis Lapangan Futsal

Indonesia memiliki banyak sekali lapangan futsal dengan jenis lantai yang berbeda-beda.

Setiap lapangan terdapat kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Apa saja itu? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Lapangan Futsal Vinyl

Lapangan futsal vinyl ini menggunakan bahan dari lapisan karet atau rubber. Jenis lapangan ini menjadi salah satu favorit para pemain futsal.

Hal ini karena lapangannya sangat bagus untuk aliran bola, dan tingkat kerekataannya cukup tinggi serta tekstur lapangan cukup empuk.

Hanya saja, bahan vinyl akan rusak jika digunakan dalam rentang waktu yang lama.

2. Lapangan Futsal Jenis Rumput Sintetis

Lapangan dengan rumput sintetis sangat mudah kalian jumpai di Indonesia. Rumput sintetis mampu membuat bola lebih mudah terkontrol dan aman bagi para pemain yang jatuh.

Tapi, terdapat kerugian jika menggunakan rumput sintetis sebagai landasan lapangan. Apabila tergesek atau terseret, risiko luka pada pemain lebih besar.

Hal ini karena ujung pada rumput sedikit tajam daripada rumput asli. Kekurangan dari rumput sintetis adalah daya cengkaram sepatu yang kurang.

Jadi ketika bermain, kalian harus menggunakan sepatu dengan outsole khusus.

3. Lapangan Futsal Semen

Lapangan berlandasan semen umumnya berupa lapangan outdoor dan biasanya terdapat pada sekolah-sekola.

Kerataan yang bagus dan biaya pembuatan yang tidak terlalu tinggi menjadi salah satu alasan sekolah memilih lapangan berjenis ini.

Tapi, permukaan semen yang keras bisa menjadi risiko bagi para pemain yang terjatuh ketika bermain.

4. Jenis Lapangan Futsal Parquette

Jenis lapangan yang satu ini begitu populer di daerah Eropa dan Amerika Latin. Untuk Indonesia sendiri, lapangan futsal parquette terdapat pada Gelanggang Olahraga atau GOR.

TIngkat permukaan lapangan paling kesat, sehingga tidak licin ketika sedang berlari. Tapi sayangnya, jenis ini harus membutuhkan perawatan yang ekstra karena terbuat dari kayu.

Mungkin itulah beberapa informasi mengenai futsal yang bisa kami sampaikan. Semoga apa yang kami berikan ini bisa bermanfaat untuk kita semuanya.

Tentunya kalian sudah bisa membedakan antara kedua cabang olahraga yaitu futsal dan sepak bola.

Yang membedakan dari kedua jenis olahraga tersebut adalah jumlah pemain, peraturan, dan pastinya Ukuran lapangan futsal yang lebih kecil daripada sepak bola yah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *